TRIBUN ARU NEWS

BERSATU MEMBANGUN ARU DENGAN HATI NURANI “TERDEPAN DALAM BERITA DARI ARU”

Senin, 30 April 2012

DPRD Provinsi Maluku, sambut Baik Studi Banding Kades Aru


Dobo-Tribunarunews. Program studi banding yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Aru Tengah Timur, Kabupaten Kepulauan Aru dengan mengirimkan sepuluh kepada desa melakukan ke Desa Nania, Kecamatan Teluk Ambon, Baguala Kota Ambon mendapat respon dan sambutan positif dari Komisi D DPRD Provinsi Maluku. Anggota Komisi D DPRD Provinsi Maluku, Drs. Ny. Temy Oersipuny mengatakan apa yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Aru Tengah Timur merupakan langkah yang tepat dan harus didukung karena manfaatnya sangat besar untuk pemberdayaan masyarakat.
Menurutnya, kegiatan ini sebagai langkah peningkatakan sumber daya manusia di daerah tersebut. “Patut diapresiasi, kegiatannya sangat bermanfaat guna menambah pengelaman serta meningkatkan pengetahuan sumber daya manusia (SDM) para kepala desa itu sendiri. Kegiatan seperti ini perlu dilakukan terus menerus dan harus mendapat dukungan,” kata Temi  belum lama ini.
Wakil Rakyat Daerah Pemilihan, Tual, Malra dan Kabupaten Kepulauan Aru ini berharap, setelah kepala Desa mengikuti studi banding di Ambon dan berakhir, mereka bisa kembali ke desa asalnya dan mengaplikasi pengalaman dan ilmu yang diterima dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya.
Sementara itu, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Aru Tengah Timur, Kundrat Pekpekay, SH yang mendampingi Sepuluh Desa dari Kecamatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kecamatan Aru Tengah Timur Tahun 2012.
“Kegiatan studi banding ini setelah diusulkan pak Camat, disetujui oleh DPRD dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Aru. Bahkan, keberangkatan kami ke sini juga dibantu oleh Pelaksana Tugas Bupati Kepulauan Aru, Bapak Umar Djabumona, S.Sos,” kata Pekpekay kemarin di kantor Desa Nania.
Selain para kepala Desa, kedepan ini, para Sekretrais Desa (Sekdes) di kecamatan tersebut juga akan dilibatkan untuk mengikuti kegiatan Studi Banding. “Bapak camat berkeinginan agar aparatur pemerintah di tingkat paling bawah mendapat penguatan kapasitas pengetahuan sehingga menjadi modal dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab,” ungkap Pekpekay.
Kesepuluh kepala desa (Kades) tersebut adalah, Kayum Pelay (Kades Kaiwabar), Abdul Patamansabi (Kades Basada), Ambar Patamansabi (Kades Kobror), Apolos Ngosiem (Kades Warjukur), Onong Lengam (Kades Lola), Nikolaus Olpupin (Kades Warloy), Salmon Gainau (Kades Koijabi), Yustus Kwalrakun (Kades Balatan), Nelson Mangar (Kades Dosinamalau), dan Silas Semula (Kades Karawai).
Jumlah Penduduk Kecamatan Aru Tengah Timur pada akhir tahun 2009 adalah sebanyak 4.269 jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak 2.196 jiwa dan perempuan sebanyak 2.073 jiwa yang tersebar di 13 Desa. Dengan Fredik F Gaite, S.AP merupakan Camat pertama yang ditunjuk Bupati Kepulauan Aru sejak dimekarkan menjadi kecamatan Definitif tahun 2008 sampai saat ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar